November 28, 2022

Radio Informasi dan Hiburan

15.‎057‎ kepala keluarga , terima BLT Dana Desa Tahap Pertama.

Amanditnews, Bupati HSS Achmad Fikry gelar PRESS CONFERENCE tetang Bantuan Langsung Tunai bagi warga terdampak Covid 19 di Aula ramu ,kamis 30/4/2020.

Press Conference bersama wartawan media cetak. online dan elektronik ini , untuk menjelaskan bagaiman prosedur penyaluran Program BLT ( Bantuan Langsung Tunai ) dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia melalui Dana Desa dan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Diharapkan Bupati HSS Achmad Fikry melalui press conference ini media dapat menjadi sumber informasi bagi masyarakat HSS tetang bagaimana mekanisme Penyaluran BLT kemasyarakat.

Sebagian masyarakat masih belum mengerti program Pemerintah Pusat, yakni Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kementerian Desa dan Kementerian Sosial bagi warga terdampak Covid-19 yang diberikan sebesar Rp.600.000 selama tiga bulan.

‎Dua program BLT bagi terdampak Covid-19 masing-masing memberikan bantuan Rp.600.00 per kepala keluarga, dengan syarat dan ketentuan, belum mendapatkan bantuan rutin, baik dari Pemerintah Pusat, Provinisi dan Daerah, seperti program PKH, BPNT, Pra Kerja, dan batuan lainnya.

Tahap pertama penerima BLT Dana Desa sebanyak 15.‎057‎ kepala keluarga, dan tahap kedua bisa berubah untuk mengkaper warga yang terdampak ketinggal waktu pendataan jelas Subagio PLT Kepala DPMD kab Hss.

ada 4 desa di kecamatan kalumpang dan 2 desa di kecamatan Lokasdo, yang menyalurkan BLT Dana Desa pada hari kamis 30/4/2020 sedangkan minggu depan akan di susul desa lainya di 11 kecamatan di kab HSS.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten HSS, Nordiansya, mengatakan progrm BLT Kementerian Sosial mengusulkan, dan data yang valid ‎sebanyak 9.489 dan telah disalurkan melalui Bank BRI sebanyak 326 dan Bank BNI sebanyak 562. “BLT Kementerian Sosial yang telah disalurkan  sebanyak 888 kepala kelurga,” ujar Nordiansya.

pendataan BLT Dana Desa dan BLT Kemensos yang tidak masuk dalam pendataan‎, sementara masyarakat benar-benar terdampak Covid-19, dan tidak bisa memenuhi kebutuhan dasar, segera melapor kepala Pemerintah Daerah (Pemda). Pemda akan memberikan bantuan dan tidak dalam bentuk BLT, tapi bantuan kebutuhan dasar .

Bupati HSS Achmad Fikry mengharapkan kejujuran masyarakat, jika tidak masuk dalam data BLT baik yang dari Kementrian sosial maupun yang dari dana desa, bagi masyarakat yang tidak bisa memenuhi kebutuhan dasar, untuk segera melapor ke Pemerintah Daerah.

Bupati berharap kepada yang terdampak Covid-19 tidak masuk data BLT dan merasa betul-betul tidak mampu tidak usah diperdebatkan‎ , “Laporkan kepada kami, setelah diferivikasi bantuan langsung diberikan. Jangan berdebat lagi, karena masalah tak akan pernah selesai. “

WhatsApp chat