Desember 7, 2022

Radio Informasi dan Hiburan

Bansos PRS & UEP Sudah Tersalur Pada 5.000 Lebih Penerima

AmanditNews, Kandangan – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Sosial kembali menyerahkan Program Bantuan Sosial (Bansos), Program Rumah Sejahtera (PRS) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Rabu, (19/7/22) di Aula Kecamatan Kandangan.
 
Bupati H. Achmad Fikry mengatakan program yang diluncurkan sejak 2014 hingga sekarang ini sudah tersalurkan kepada 5000 lebih Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
 
“Mudah-mudahan program ini berguna agar rakyat kita juga bisa menikmati rumah yang layak huni. Filosofi nya adalah jika pemimpinnya memiliki rumah layak huni maka rakyatnya pun demikian,” harapnya.
 
Dikatakan Bupati yang membedakan PRS dengan bedah rumah adalah PRS ada berbagai program lain dalamnya. Sehingga usaha mereka juga produktif.
 
“Kita ingin munculkan kemandirian mereka dalam mengelola usaha hingga suatu saat bisa membangun rumah sendiri,” ujar Bupati.
 
Lebih lanjut dipaparkannya pada saat exspose lomba Inovasi Daerah PRS bahwa pendataan masyarakat miskin berdasarkan hasil musayawarah desa, bahkan terkadang ada yang menyatakan bahwa mereka tidak perlu dibantu lagi karena sudah mandiri dan usaha lancar.
 
“Mudahan-mudahan dengan bantuan UEP meskipun tidak besar akan tetapi bisa membantu memutar usaha masyarakat dan bagi penjual makanan agar bisa memastikan makanannya sehat,” pungkas Bupati.
Kepala Dinas Sosial Nordiansyah menyampaikan ada 2 program bansos yang disalurkan. Pertama PRS dengan total penerima 155 orang KPM se kabupaten HSS dengan jumlah anggaran sebesar Rp. 2.172.500.000,-, yang masing-masing menerima sebesar Rp. 17.500.000,- per KPM.
 
“Untuk Kec. Kandangan sendiri penerima PRS sebanyak 20 orang KPM sedangkan Kec. Sungai Raya sebanyak 9 orang KPM,” ujarnya.
 
Sedangkan program bansos UEP se kabupaten HSS berjumlah 149 orang dengan jumlah bantuan sebesar Rp. 431.000.000,-.
 
“Untuk Kec. Kandangan sebanyak 38 orang dengan jenis usaha warung, kios, pedagang keliling, bengkel dan penjahit. Sedangkan untuk Kec. Sungai Raya sebanyak 7 orang KPM dengan jumlah anggaran sebesar Rp. 18.700.000,- dengan jenis usaha warung, penjahit dan penjual kue,” lanjutnya.
 
Pada kesempatan ini juga disalurkan program dari Baznas Kab. HSS berupa Bansos Pogram Rumah Layak Huni untuk 11 orang, dari 11 Kecamatan dengan jumlah bantuan keluarga penerima manfaat sebesar Rp. 13.500.000,-
 
Sumber: Kominfo Hss
WhatsApp chat