Desember 7, 2022

Radio Informasi dan Hiburan

Bupati HSS: BUMDes Harus Bisa Membuka Lahan Usaha Baru, Bukan Pesaing Usaha Masyarakat

AmanditNews-Kandangan. Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Drs. H. Achmad Fikry, MAP secara langsung membuka Launching dan Asistensi Implementasi, Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Aplikasi itu merupakan hasil kerjasama dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalsel dengan Dinas Pemberdayaaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten HSS. Selasa, (25/5/21).


Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan rasa syukur dan bahagia karena HSS menjadi kabupaten pertama di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang mengaplikasikan SIA-BUMDes. Bupati berharap semoga aplikasi ini membantu perkembangan BUMDes bagi desa-desa.


Namun, Bupati berpesan bahwa BUMDes harus bisa membuka peluang usaha baru. Sehingga tidak menjadi pesaing usaha masyarakat yang terlebih dahulu ada. “Jangan ambil usaha masyarakat yang sudah ada, cukup fasilitasi saja perkembangan usahanya”, tekan Bupati.


Hal tersebut agar BUMDes bisa benar-benar berfungsi sebagai media peningkatan perekonomian desa dan agar bisa menumbuhkan rasa percaya dari masyarakat. Oleh karenanya, Bupati juga berpesan agar pengelolaan BUMDes bisa dijalankan secara profesional.


Dalam kesempatan ini Bupati juga mengucapkan terima kasih karena telah disiplin dan tidak lengah menerapkan protokol kesehatan. Walaupun HSS adalah daerah satu-satunya di Kalsel yang berstatus zona kuning atau daerah dengan resiko rendah.


Sebelumnya, Kepala Dinas PMD Kab.HSS Susilo Adianto, S.STP, M.Si kegiatan ini diikuti sebanyak 22 orang pengurus BUMDes perwakilan dari 11 kecamatan, ditambah 11 orang pendamping dari kecamatan dan P3MD Kab.HSS.

 

Reporter: Laila Agustina

Editor: Ucuk Syahreza

WhatsApp chat