November 28, 2022

Radio Informasi dan Hiburan

Disnakerkop HSS Gelar Bimtek Pembuatan Kain Sasirangan Dengan Pewarna Alam

AmanditNews, Kandangan – Untuk menunjang industri kreatif salah satunya Industri Kecil Menengah (IKM) yang membuat kain sasirangan. Dinas Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disnakerkop UKMP) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar Bimbingan Teknis Kain Sasirangan Bahan Alam.

Didatangkan langsung dari Kota Banjarmasin, pengrajin sasirangan Assalam (Aku Suka Sasirangan Alam) Muhammad Ridho mengajarkan pembuatan kain sasirangan menggunakan pewarna alami dari buah dan tumbuhan. Selasa (19/7/22).

Muhammad Ridho mengatakan pewarna alam ini sangat penting diperkenalkan kepada industri pengrajin kain sasirangan. Karena menurutnya pewarna alami lebih aman dari segi kesehatan dan keramah lingkungannya.

“Pewarna alam ini memiliki keunggulan, serta keawetan warnanya juga terbukti tahan lama. Walaupun dalam segi warna terlihat sedikit lebih lembut dibandingkan dengan pewarna sintetik, ” paparnya.

Disamping itu, pria yang kali pertama ke kabupaten HSS ini berujar kalau kabupaten HSS juga memiliki potensi yang tinggi dalam mendapatkan bahan-bahan yang bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alam.

“Contohnya buah pinang, kunyit, daun pepaya, daun jati, dan masih banyak lagi,” lanjutnya.

Selain itu potensi sumber daya manusianyapun juga bagus sebab dukungan yang diberikan pemerintah daerah sangatlah besar.

Dirinya berharap semoga dengan adanya bimbingan teknis ini para peserta bisa mengembangkan potensinya dengan baik terkhusus para generasi muda.

“Anak-anak muda tentu mereka melek dengan teknologi dan internet, maka oleh sebab itu saya berharap semoga para peserta bisa mengembangkan lagi keahliannya dan nantinya bisa sukses serta mampu memasarkan produknya hingga ke tingkat internasional,” harapnya.

Sumber: Kominfo Hss

WhatsApp chat