Desember 7, 2022

Radio Informasi dan Hiburan

Kecamatan Sungai Raya Antisipasi Potensi Konflik Tapal Batas.

AmanditNews. Ketidak jelasan Batas wilayah dapat mengakibatkan Konflik mulai dari persoalan pengelolaan sumberdaya alam,hingga sampai pada persoalan batas wilayah baik antar desa , kabupaten , kota ataupun provinsi.

mencegah kerawanan konflik yang di sebabkan permasalahan tapal batas, Kecamatan sungai Raya Kabupaten Hulu Sungai Selatan Menggelar Pembinaan Kewilayahan yang di ikuti oleh Kepala Desa, Tokoh masyarakat, dan perwakilan warga di kecamatan sungai raya di aula kecamatan sungai raya,Kamis 31/10.

Dijelaskan Camat Sungai Raya Susilo Adianto , Kecamatan sungai raya memiliki Luas 80,96Km2 terdiri dari 18 Desa, berbatasan Sebelah Utara dengan Kec. Kandangan, Sebelah Selatan dengan Kab. Tapin, Sebelah Timur dengan Kec. Padang Batung, dan Sebelah Barat dengan Kec. Simpur dan Kec. Kalumpang.

Kecamatan memiliki tupoksi dalam hal pembinaan wilayah desa Khususnya dalam mengatasi timbulnya Konflik sosial, yaitu dengan mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum,pembinaan dan pengawasan pemerintahan desa, terang Camat sungai raya.

sementara penyebab dari Permasalahan atau sengketa tapal batas wilayah penyebabnya berkaitan satu sama lain seperti adanya potensi sumber daya alam, belum adanya kejelasan status atau di sepakastinya batas wilayah di beberapa titik yang membatasi antar wilayah, desakan pihak luar yang berkeinginan mengeksplotasi kekayaan alam, tingginya ego sektoral masing-masing pihak, ketidakpahaman aturan hukum dalam hal penentuan dan penanganan tapal batas, belum adanya kepastian Hukum tapal batas wilayah.

Melalui kegiatan ini Camat Sungai Raya dapat mencegahan konflik sosial dan stabilitas keamanan serta ketertiban masyarakat di Kecamatan Sungai Raya dapat terjaga ,khususnya mencegah kerawanan konflik yang berkaitan dengan sengketa tapal batas wilayah .

pada pembinaan kewilayahan yang di selenggarakan oleh kecamatan sungai raya ini menghadirkan Narasumber Kabag Pemerintahan Setda Kab HSS Dian Marliana , Kejelasan dan ketegasan atas batas wilayah jelas Dian menjadi bagian penting dan berhubungan erat dengan segala aktivitas dan perbuatan hukum masyarakat yang ada di wilayah tersebut serta menjadi tanggung jawab pemerintah atas wilayahnya.

Penegasan batas antar daerah sebagai upaya dalam menciptakan tertib wilayah administrasi suatu wilayah yang berdampak pada pentingnya kejelasan cakupan wilayah administrasi pemerintahan, kejelasan adminitrasi kependudukan, kejelasan daftar pemilih, kejelasan adminitsrasi pertanahan, kejelasan perizinan pengelolaan sumber daya alam dan kejelasan pengaturan tata ruang daerah .

potensi Konflik yang dapat muncul dalam masyarakat di wilayah batas daerah, lanjut Dian Marliana yaitu : Kepastian batas wilayah ,Pengembangan infrastruktur wilayah . sementara pola penyelesaiannya bisa di tempuh melalui 2 metode yakni Metode non hukum yaitu melalui negosiasi dan mediasi selanjutnya Metode hukum yaitu melalui jalur peradilan .

WhatsApp chat