November 28, 2022

Radio Informasi dan Hiburan

Pantau 2 Titik Longsor Di Kecamatan Loksado, Forkompinda Himbau Jangan Menebang Pohon

Hulu Sungai Selatan-Kandangan-AmanditNews. Intensitas hujan yang tinggi dengan durasi panjang tidak hanya mengakibatkan meluapnya Sungai Amandit beberapa hari terakhir ini, namun juga akibatkan tanah longsor.

Untuk melihat langsung kondisi longsor yang terjadi di Kecamatan Loksado yakni di arah menju Desa Ulang dan arah menuju Loksado, Forkopimda yang dipimpin langsung wakil Bupati Syamsuri Arsyad, pantau proses pembersihan material longsor di 2 titik tersebut, Sabtu (16/1/2021).

“Ini hanya 2 titik yang kita lihat bersama Fokopimda, jarak longsoran sekitar 100 meter cukup jauh dan tebal, ini menjadi keprihatinan kita, dari longsor ini tentunya akan sangat mengganggu aktivitas warga kita di sini,” kata Wabup Syamsuri Arsyad.

Dirinya berharap pada titik longsor ini agar tidak ada penebangan pohon, serta tidak untuk berladang, karena jika dibuat untuk berladang tentunya akan ada penebangan pohon dan tumbuh pohon baru, kualitas pohon baru tentunya tidak akan sekuat pohon pertama.

Pada kesempatan tersebut juga Wabup bersama Kapolres HSS Siswoyo dan Dandim 1003 Kandangan Dedy Soehartono menghimbau warga loksado, untuk tidak berladang di sisi jalan transportasi, walaupun itu memang bukan penyebab utama, tetapi  ini menjadi upaya kita untuk menghindari ke depan  tidak terjadi lagi longsor yang cukup parah.

Sementara Kepala Dinas PUPR Tedy Sutedjo mengatakan pihaknya telah menaikkan 2 alat dan nanti akan ditambah 1 alat berat lagi untuk pembersihan material longsor ini.

“Longsor ini terjadi beberapa kali, kita sudah operasikan 2 alat berat untuk pembukaan jalur yang tertutup material longsor, nanti kita akan tambah lagi satu buah untuk mempermudah pembukaan jalur,” jelas Tedy.

Sekedar diketahui 2 titik longsor ini berada di ruas  jalan provinsi yakni di Desa Hulu Banyu dan ruas jalan kabupaten yang berada di Desa Ulang.

Reporter     : Amutz

Penulis        : Ucok Syahreza

Editor          : Amutz

WhatsApp chat