November 28, 2022

Radio Informasi dan Hiburan

Polres HSS Gelar Press Release Situasi Kamtibmas Selama Tahun 2020

AmanditNEWS. Kepolisian Resor (Polres) gelar press release di penghujung tahun 2020 pada hari ini Rabu, (30/12/2020) di Aula Polres Kabupaten Hulu Sungai Selatan.  Pada kegiatan ini Kapolres HSS menyampaikan terkait situasi Kamtibmas (kemanan dan ketertiban masyarakat) selama tahun 2020.

Kapolres HSS AKBP Siswoyo didampingi Wakapolres HSS Kompol Reinaldo, beserta jajarannya mengatakan bahwa terjadi tren penurunan kejahatan konvensional dan peningkatan untuk tindak pidana kejahatan transnasional, serta penyelesaian tidak pidana juga mengalami kenaikan.

“Polres HSS berhasil menekan angka kriminalitas sehingga terjadi penurunan kejahatan konvensional sebesar 18,35%. Untuk kejahatn transnasional mengalami kenaikan sebesar 4,8%. Adapun untuk tindak pidana mengalami penurunan sebayak 38 kasus atau 20,76%, dilihat pada tahun 2019 sebanyak 183 kasus dan tahun 2020 sebanyak 145 kasus. Penyelesaian tindak pidana mengalami kenaikan sebesar 17% dilihat pada tahun 2019 sebesar 78% naik menjadi 95% pada tahun 2020,” ucap AKBP Siswoyo. 

Kasus Laka Lantas juga mengalami tren menurun yaitu dari 56 kasus menjadi 41 kasus dan pelanggaran lalu lintas juga turun sebesar 55,1% yang sebelumnya sebanyak 3.863 menjadi 1732 kasus.

Lebih lanjut Kapolres HSS menyampaikan jumlah kasus Pencurian dengan Pemberatan (curat) yang mengalami penurunan, pada tahun 2019 sebanyak 21 kasus turun menjadi 7 kasus atau 6,66% di tahun 2020. Begitu juga kasus curanmor yang menurun dari 15 kasus menjadi 8 kasus.

Kasus narkoba di Kab HSS mengalami kenaikan dari 104 kasus menjadi 109 kasus. Pertama kalinya kasus Narkotika, Kab.HSS mengamankan narkotika jenis ganja sebanyak dua paket narkotika jenis ganja dengan berat kotor 19,47 gram dan berat bersih 17,1 gram yang terjadi pada tanggal 14 Agustus 2020.

Kapolres HSS selanjutnya menjelaskan terkait 6 kasus menonjol yang ditangani oleh Polres HSS yaitu aksi teror di Mako Polsek Daha Selatan berupa penyerangan yang menyebabkan 1 orang personil meninggal dunia dan 1 orang tersangka meninggal dunia. Kemudian kasus ini dikembangkan dengan hasil diamankannya 5 orang tersangka dan saat ini penyidikan perkara sudah tahap II dan ditahan di Rutan Densus Cikeas.  Selanjutnya kasus pembunuhaan berencana, diawali ditemukannya mayat yang tidak dikenal di Jl. Kapten Pierre Tendean, Banua Hanyar, kasus sudah terungkap dan diproses di Polres HSU. Juga terjadi kasus ITE penyebaran informasi yang bertujuan menimbulkan kebencian dan menyinggung unsur sara melalui media sosial di Kecamatan Simpur dengan tersangka 1 orang. Lalu, ada kasus  penyalahgunaan pengangkutan BBM tanpa izin di Kecamatan Kalumpang dengan tersangka 1 orang, serta kasus tindak pidana perlindungan konsumen yang memperdagangkan LPG 3 kg bersubsidi melebihi ketentuan harga di Kecamatan Daha Selatan dengan 1 orang tersangka dan terakhir kasus tindak pidana perdagangan tanpa izin minuman beralkohol (miras) dengan tersangka 1 orang di Desa Sungai Kupang.

Operasi Yustisi juga intens dilakukan Polres HSS bersama TNI dan Satpol PP sebanyak 5 kali dalam sehari kegiatan dalam satu hari merupakan upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Sebanyak 154.713 pelanggar protokol kesehatan telah terjaring dan telah diberikan sanksi berupa  berupa teguran lisan dan tertulis, kerja sosial dan denda agar masyarakat semakin disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Itu yang kami sampaikan untuk press release akhir tahun 2020 untuk bisa diketahui dan bisa menjadi evaluasi kita bersama, terima kasih,” ucap Kapolres HSS.

 

Reporter    : Alpisah Rina

Editor        : Amutz

WhatsApp chat