Desember 7, 2022

Radio Informasi dan Hiburan

SANTRI INDONESIA UNTUK PERDAMAIAN DUNIA.,

AmanditNews.Hari Santri Nasional (HSN) diperingati tanggal 22 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini ditetapkan Presiden Joko Widodo pada 22 Oktober 2015, mengambil momen resolusi jihad yang difatwakan KH Hasyim Asy’ari dari Pesantren Tebu Ireng, Jombang, yang menjadi motor penggerak perlawanan rakyat melawan penjajah Belanda.

Ketua pelaksana ust Zulkifli melaporkan Di Kabupaten Hulu Sungai Selatan Peringatan Hari santri di ikuti sebanyak 3000 santri dan santri wati dari gabungan pondok pesantren se-kabupaten Hulu Sungai selatan yang memadati lapangan lambung mangkurat kandangan, selasa 22/10.

Dalam sambutan tertulis mentri Agama yang di bacakan Bupati Hulu sungai selatan Achmad Fikry, peringatan Hari Santri 2019 mengusung tema “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”. Isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian. Sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatanlilalamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama.

Sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang plural dan multikultural. Dengan cara seperti inilah keragaman dapat disikapi dengan bijak serta toleransi dan keadilan dapat terwujud. Semangat ajaran inilah yang dapat menginspirasi santri untuk berkontribusi merawat perdamaian dunia. 

Sementara TGH Riduan Baseri ketua Mui Kab Hss dalam tausyiah nya menyampaikan, membela negara adalah kewajiban kita , bukan sekedar untuk merubah negara islam, bukan untuk merubah dasar NKRI yang sudah ada.

Jangan jadikan perbedaan penyebab perpecahan, hendaknya kita bersatu sebagai mana semboyan Bhineka tunggal ika,islampun begitu memiliki pemersatu yakni dua kalimat syahadat.

Di lokasi yang berbeda pringatan hari santri juga di laksanakan pondok pesantren dalam pagar Kandangan, yang di ikuti para habaib, guru ,ustad dan ustazah dan para pengajar.

TGH Ahmad syairazi pengasuh Ponpes dalam pagar memimpin langsung Apel peringatan hari santri , pada kesempatan ini beliau berpesan kepada santriwatinya agar mereka senantiasa memiliki 4 sifat yaitu senantiasa tenang, sopan, selalu akrab bersama siapapun dan juga selalu mempermudah (tidak mempersulit) kepada siapapun.

“Kalian sebagai santri adalah kebanggaan Rasulullah SAW, karna kalian menerapkan daripada sunnah-sunnah junjungan kita Nabi Muhammad SAW” tuturnya.

Lebih lanjut, Beliau mendoakan para santri agar senantiasa diberkahi oleh Allah SWT serta menjadi panutan dan teladan bagi yang lainnya.


WhatsApp chat