Desember 7, 2022

Radio Informasi dan Hiburan

Sekda HSS Harapkan Sosialiasi Pencegahan Karhutla Dimasifkan

AmanditNews, Kandangan – Sebagai upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan sedini mungkin. Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) laksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2021. Kamis, (10/6/21).

Sekretaris Daerah Kab.HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP selaku pimpinan rapat menjelaskam rapat pada hari ini menghasilkan beberapa kesepakatan dan kesimpulan. Diantaranya adalah seluruh pihak terkait Instansi Pemerintah, TNI/Polri dan perusahaan siap dalam mengantisipasi terjadinya Karhutla.

Selain itu juga adanya kesepakatan untuk penetapan status siaga darurat mulai dari tanggal 1 Juli sampai 31 Oktober 2021 mendatang.

Lebih lanjut Sekda juga mengatakan pihak terkait bersepakat untuk lebih masif lagi untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat lebih awal. Sehingga masyarakat diharapkan memahami dan menyadari akan bahaya dari Karhutla ini.

“Akan dibahas lebih lanjut terkait singkronisasi data pelaporan sehingga tidak ada pelaporan antara instansi-instansi yang juga bersamaan melaporkan terkait dengan kriteria seperti apa kebakaran yang harus dilaporkan ketingkat yang lebih tinggi dan semua camat juga menyatakan kesiapan sampai ketingkat desa” ungkap Sekda.

Bertempat di Aula Kantor BPDB HSS. Pada rapat ini turut berhadir Wakapolres HSS, Kodim1003 Kandangan, Kepala Satpol PP dan Damkar HSS, Kepala Pelaksana BPBD HSS, Ka Daops Manggala Agni Wilayah VII KLHK, PT. SAM, PT AGM, Camat, Kerukunan PMK HSS dan pihak-pihak terkait.

Reporter: Laila & Mabdi

Editor: Ecuk Syahreza

WhatsApp chat