November 28, 2022

Radio Informasi dan Hiburan

Tanggulangi Kemiskinan, Pemkab HSS Akan Coba Pendekatan Kolaborasi & Kebersamaan

AmanditNews, Kandangan – Data-data di lapangan menunjukkan memang angka kemiskinan Hulu Sungai Selatan (HSS) mengalami penurunan di masa pandemi. Tetapi, tentu ada kekhawatiran jika garis kemiskinan naik maka akan bertambah juga angka kemiskinan.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Syamsuri Arsyad dalam rapat asistensi integrasi kolaborasi dan kebersamaan pemerintah kabupaten HSS tahun 2022 dengan pembahasan penanggulangan kemiskinan. Rabu (20/7/22) di Aula Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) setempat.

Oleh karenanya kata Wabup untuk mencegah kondisi ini salah satu upaya pemkab HSS adalah ingin melakukannya dengan pendekatan-pendekatan kolaborasi dan pendekatan kebersamaan. Seperti mungkin bisa dilakukan dengan pola orang tua angkat.

“Jadi tidak semata-mata dengan pendekatan anggaran,” usulnya.

Selain itu, pihaknya juga ingin data di lapangan menjadi sangat valid. Yakni dengan cara melibatkan RT dan RW untuk pendataan untuk diberikan data kepada pemerintah.

“Karena satu RT dan RW hanya terdiri sekitar 200 orang, maka 200 orang ini tentu akan mengamati dengan sangat baik yang mana yang miskin dan yang mana yang tidak,” tutur wabup.

Dirinya juga berpesan kepada para organisasi perangkat daerah (OPD) agar rencana-rencana program kegiatannya diharapkan bisa mengarah kepersoalan pengentasan-pengentasan kemiskinan.

Wabup mengharapkan dengan kebersamaan dan kolaborasi ini persoalan kemiskinan bisa semakin ditekan.

“Tentu ini menjadi hal yang sangat pokok dalam kita melaksanakan proses pembangunan di HSS”, pungkasnya.

Sumber: Kominfo Hss & Prokopim Setda Hss

WhatsApp chat