November 28, 2022

Radio Informasi dan Hiburan

Tingkatkan layanan kesehatan di HSS, Bupati Resmikan PKM SIMPUR.

AmanditNEWS Kandangan.Peresmian Gedung Baru Puskesmas Rawat Inap Di Kecamatan Simpur oleh Bupati Hulu Sungai Selatan H. Achmad Fikry bersama Ketua MUI Kabupaten Hulu Sungai Selatan TGH. Muhammad Ridwan Baseri berlangsung kemarin pada hari Rabu (30/12/20).

Salah satu upaya Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan kualitas dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat terutama pada bidang kesehatan diwujudkan dengan pembangunan Puskesmas di Desa Simpur ini. Pelayanan kesehatan menjadi program prioritas utama dalam pembangunan di Kab HSS, karena pelayanan kesehatan merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang harus dipenuhi.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan untaian bunga melati di pintu masuk Puskesmas Simpur yang disaksikan langsung oleh Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Kepala Dinas Kesehatan Kab HSS dr. Siti Zainab, para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kab HSS, Camat Simpur, Kepala Puskesmas serta karyawan-karyawati Puskesmas Simpur.

Bupati HSS menyampaikan bahwa puskesmas merupakan garda terdepan yang berhadapan langsung dengan masyarakat, tempat pertama dilakukan penanganan dan pemeriksaan sehingga diperlukan suasana yang nyaman bagi pasien yang berobat ke puskesmas, hal tersebut menjadi tujuan diperkuatnya keberadaan puskesmas.

Selain itu, adanya Puskesmas Rawat Inap tersebut dapat mengurangi

konsekuensi lonjakan pasien maupun resiko penuhnya ruangan di Rumah Sakit HHB sebagai Rumah Sakit Rujukan beberapa Kabupaten.

“Jangan sampai saat pasien luar daerah yang masuk ke RS HHB ruangan penuh sehingga tidak terlayani. Selama masih bisa terlayani di Puskesmas Rawat Inap, tidak perlu dirujuk ke rumah Sakit Rujukan,” ucap Bupati HSS.

Bupati HSS mengatakan perlu adanya upaya-upaya penyuluhan kesehatan dan memberi pengertian pentingnya pola dan perilaku hidup sehat agar nantinya tidak ada lagi pasien yang datang ke Puskesmas, yang berarti semua masyarakat Kab HSS sehat.

“Jangan bangga kalau pasien banyak, tetapi harus bangga apabila pasien tidak banyak, artinya masyarakat sehat,” tegas Bupati HSS.

Bupati HSS juga berpesan untuk tenaga kesehatan agar bersama-sama terus menjaga kesehatan sehingga dapat terus memberikan pelayanan, maupun sosialisasi kepada masyarakat tentang pola hidup sehat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” tutur Bupati HSS.

Harapan Bupati HSS, adanya pembangunan gedung baru ini jadi suntikan semangat, motivasi, dan inovasi para tenaga kesehatan dan karyawan di Puskesmas Simpur dalam mengajak masyarakat setempat untuk  menerapkan pola dan perilaku hidup sehat.

Reporter    : Alpisah Rina

Editor        : Amutz

WhatsApp chat