November 28, 2022

Radio Informasi dan Hiburan

WABUP BUKA PELATIHAN FURNITURE BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL KAYU KELAPA

AMANDITNEWS KANDANGAN, Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad,S.AP,MA membuka secara resmi pelatihan Furniture Berbasis Sumber Daya Lokal Kayu Kelapa, Senin (15/7/2019) di Aula Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian Kabupaten HSS.

Hadir pada pelatihan tersebut Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Kabid Industri Agro Hasanudin,S.Sos,MM beserta rombongan, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian Kabupaten HSS Drs.Sasmi Rifani,M.AP, Kasi Industri Hasil Industri Perkebunan, Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan Ir.Sahatan Manurung,MP, para instruktur pelatihan dan para peserta pelatihan.

Kasi Industri Hasil Industri Perkebunan, Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan, Ir.Sahatan Manurung,MP menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan ini untuk menghidupkan kembali IKM Meubel Kayu yang sudah bergeser ke Meubel Aluminium dan memanfaatkan bahan baku alternative selain kayu yang berasal dari hutan alam dengan memanfaatkan kayu kelapa/kayu rakyat.

Kegiatan Pelatihan Furniture Berbasis Sumber Daya Lokal Kayu Kelapa bagi IKM Meubel di HSS dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 15 s/d 24 Juli 2019 bertempat di Workshop IKM Kandangan. Adapun peserta pelatihan berjumlah 20 orang yang berasal dari Kabupaten HSS dengan formasi peserta dari IKM Meubel Kayu berjumlah 20 orang dan selama kegiatan berlangsung peserta akan diberikan konsumsi dan uang saku. Instruktur berjumlah 2 orang yang berasal dari UPT Kayu dan Produk Kayu Pasuruan yaitu Bapak H.Zaini dan Bapak Sukur. Hasil yang diharapkan tumbuh kembali IKM Meubel Kayu dan pelaku IKM Meubel Kayu terbuka wawasan dalam berkreasi menghasilkan produk kayu/furniture yang berdaya saing.

Wakil Bupati, Syamsuri Arsyad,S.AP,MA dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan yang telah memberikan kesempatan kepada Kabupaten HSS untuk melakukan pelatihan Furniture Berbasis Sumber Daya Lokal yaitu bahan dari Kayu Kelapa. Selain itu, Wakil Bupati juga menyambut baik kegiatan ini dengan harapan kerjasama dan kegiatan ini tidak hanya sampai disini karena HSS sangat memerlukan bantuan, pemikiran dalam rangka membangun HSS.

Menurut Wakil Bupati kegiatan semacam ini menambah semangat dan menunjang untuk membangun lebih baik lagi HSS. Selain itu juga bagian dari visi misi Pemkab HSS menuju Kabupaten HSS yang cerdas, inovatif, teknologis dan agamis untuk kesejahteraan dunia dan akhirat. Wakil Bupati berharap kegiatan semacam ini bisa dijadikan icon di HSS.

Kepada para instruktur, Wakil Bupati berpesan agar bisa dikombinasi antara furniture dengan kayu lainnya karena sangat penting sehingga ada tekstur yang berbeda dan ada daya tarik tersendiri. Kepada peserta pelatihan agar bisa mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya dan seksama, banyak berdiskusi dengan instruktur apa yang harus dilakukan. “Sekarang kualitas harus di kedepankan, disamping desain yang memang harus mengikuti perkembangan jaman”, kata Wakil Bupati.

Usai membuka secara resmi, acara Pembukaan Pelatihan Furniture Berbasis Sumber Daya Lokal Kayu Kelapa, Wakil Bupati HSS menyerahkan Perlengkapan peserta secara simbolis, kepada dua orang perwakilan peserta pelatihan.

WhatsApp chat