Desember 7, 2022

Radio Informasi dan Hiburan

Wakil Bupati pimpin Rapat Koordinasi Pencegahan Penangulangan Kebakaran Hutan dan Lahan.

AMANDITNEWS Kandangan,Bertempat di aula Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten HSS , kamis (20/06/2019) di laksanakan Rapat Koordinasi Pencegahan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Wakil Bupati Hulu sungai selatan Syamsuri Arsyad memimpin langsung rapat koordinasi tersebut,dirinya berharap lahan kosong agar bisa ditanami dengan pohon-pohon yang rindang sehingga terasa sejuk.

Karena salah satu kebijakan tahun 2018-2023 adalah hijau desa ku yang diharapkan nantinya tidak ada desa yang gersang. Wakil Bupati mengajak dalam penanggulangan bencana adanya kesadaran kita bahwa alam sepanjang dijaga maka alam akan menjaga kita.

Ditambahkannya kita harus memiliki peta potensi kebencanaan.serta SDMnya, sehingga setelah memetakan bisa membayangkan jumlah SDM yang terukur dan yang terstruktur. Selanjutnya bahan yang berkenaan dengan penanggulangan bencana mulai sekarang sudah disiapkan dan metode cara penanggulangannya. Begitu juga dengan sarana prasarana serta dana.

keterbatasan dana agar bisa di efektifkan. Selain itu juga diharapkan bantuan dari pihak perusahaan seperti dana CSR disamping untuk yang lain juga dicadangkan untuk dana penanggulangan bencana.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten HSS Ir.H.Makmur menyampaikan jumlah peserta rapat koordinasi sebanyak 60 orang yang terdiri dari semua unsur kecamatan, dinas terkait dan dari pihak perusahaan.

Makmur mengatakan Bmkg memperkirakan sejak 1 juni 2019 sudah memasuki musim kemarau, Namun masih musim hujan dan beberapa tempat terjadi banjir.kewaspadaan terhadap rawannya bencana perlu di tingkatkan,karena memang tugas pokok dan fungsi dari Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten HSS salah satunya adalah mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan lebih khusus di Kabupaten HSS”, katanya.

Kemudian disampaikannya, bukan hanya bencana kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi di Kabupaten HSS, seperti pada musim hujan terjadi banjir dan tanah longsor, pada musim kemarau terjadi kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan serta yang tidak mengenal musim terjadi angin puting beliung. Ia mengajak untuk saling bahu membahu dalam hal pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten HSS apalagi menghadapi musim kemarau.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan diskusi tentang kendala-kendala yang dihadapi petugas ketika akan dan dalam melaksanakan tugas di lapangan.

 

 

 

 

 

WhatsApp chat